Breaking News
Loading...
Jumat, 13 Juni 2014

Info Post
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.     Indentitas Sekolah
        Sekolah        : ...............
Mata Pelajaran     : Seni Budaya
Kelas         : IV
Semester        : I
Alokasi Waktu     : 2 X 45 menit (4 jam pelajaran)

B.     Standar Kompetensi :
1. Memahami cara menggambar dengan teknik mozaik.

C.     Kompetensi Dasar :
1.     Menjelaskan cara menggambar dengan teknik mozaik.
2.     Mampu membuat hasil karya dari teknik mozaik.

D.     Indikator :
1.     Menjelaskan cara menggambar dengan teknik mozaik.
2.     Menjelaskan bahan-bahan yang dipergunakan dalam menggambar dengan teknik mozaik.

E.      Tujuan Pembelajaran :
1.     Menyebutkan bahan-bahan yang diperlukan dalam menggambar dengan teknik mozaik.
2.     Menjelaskan langkah-langkah menggambar dengan teknik mozaik.

F.      Karakter Siswa yang diharapkan berkembang :
              1.          Berani
              2.          Tanggung jawab
              3.          Disiplin
              4.          Mengembangkan rasa ingin tahu
              5.          Tekun dan gemar membaca
              6.          Kreatif dan menghargai prestasi orang lain

G.     Materi
Teknik mozaik merupakan teknik menggambar yang dilakukan dengan memanfaatkan bentuk geometris tertentu. Bentuk geometris tersebut dijadikan sebagai pengganti bahan pewarna. Untuk membuat mozaik dapat digunakan berbagai macam bahan, contohnya kertas, kaca, keramik, dan lain sebagainya. Kita juga dapat memanfaatkan majalah bekas untuk membuat mozaik. Bentuk geomertis yang dapat kita gunakan untuk membuat mozaik diantaranya bentuk bulat, segi empat, persegi panjang, segitiga, dan lain-lain. Menggambar dengan menggunakan teknik mozaik ini tentunya tidak mudah, diperlukan ketelitian, ketetunan, dan kesabaran.
Menggambar menggunakan teknik mozaik sederhana dapat dilakukan oleh siswa SD. Kita dapat mengajarkan siswa menggambar dengan teknik mozaik menggunakan majalah bekas. Jika ingin mencoba teknik ini, bahan lain yang diperlukan adalah gunting, buku gambar, pensil, dan lem kertas.
Langhah-langkah yang dilakukan untuk membuat teknik mozaik adalah sebagai berikut:
Pertama kita harus menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Jika alat dan bahan sudah siap, potong majalah tadi menjadi bentuk yang kita inginkan baik itu lingkaran, persegi, dan lain sebagainya. Sebaiknya potongan tersebut dapat dikumpulkan berdasarkan warnanya agar lebih mudah mencari warna pada saat akan menempel. Kemudian jika telah selesai memotong kertas, buatlah sketsa pada buku gambar. Selanjutnya tempelkan potongan-potongan kertas tersebut pada sketsa yang telah dibuat. Jika semua gambar sudah terisi dengan potongan-potongan kertas, maka pembuatan mozaik telah selesai.

H.     Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi.

I.       Kegiatan Belajar
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a)       Mengucapkan salam
b)      Sembahyang bersama
c)       Absensi
d)      Menyiapkan berbagai media seperti LKS, alat tulis.
e)       Apersepsi
f)       Siswa menanggapi pertanyaan dari guru berdasarkan pengetahuan yang telah mereka miliki.
g)       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
h)      Guru menyampaikan cukup materi yang akan dibahas mendukung tercapainya tujuan

2.  Kegiatan Inti (70 menit)
a)      Eksplorasi
(1)       Siswa membaca dan mengkaji materi tentang menggambar dengan teknik mozaik.
b)      Elaborasi
(1)       Siswa mencatat beberapa hal yang dianggap penting tentang menggambar dengan teknik mozaik.   
(2)       Siswa ditugaskan mendiskusikan LKS tentang teknik mozaik yang disiapkan guru.
(3)       Siswa ditugaskan menggambar dengan teknik mozaik.

c)     Konfirmasi
(1)       Guru memberikan penguatan positif kepada siswa.
(2)       Guru memfasilitasi siswa untuk merefleksi dan merevisi hasil eksplorasinya yang salah untuk mendapatkan suatu konsep yang benar.
(3)       Guru memandu siswa untuk melakukan eksplorasi lanjutan jika  masih diperlukan.

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
a)       Guru bersama siswa meresume hasil kegiatan belajar yang telah dilakukan.
b)      Guru memberikan evaluasi/ melakukan refleksi tentang hasil dan proses pembelajaran yang terjadi.
c)       Guru memberikan tindak lanjut (berupa tugas rumah yang terkait dengan materi pelajaran baik berupa pengayaan maupun remidi bagi siswa yang belum mencapai KKM). memberikan bimbingan khusus bagi siswa yang dipandang memerlukan.
d)      Guru mengakhiri kegiatan, dengan menyampaikan bahan belajar untuk pertemuan berikutnya.

J.      Sumber belajar dan media/alat peraga
1.   sumber belajar :
2.   Media/ alat peraga :

K.     Penilaian

Penilaian meliputi  proses dan hasil (instrumen terlampir).

0 komentar:

Posting Komentar