Kurikulum
merupakan perangkat mata pelajaran dan
program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada
peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Atau dapat dikatakan
bahwa kurikulum merupakan pedoman dalam melaksanakan suatu kegiatang
pembelajaran. Kurikulum dikatakan sebagai pedoman karena berlaku secara
nasional. Dalam kurikulum terdapat empat elemen pokok antara lain isi, strategi
pembelajaran, proses penilaian, dan proses evaluasi.
Di Indonesia terdapat
beberapa kurikulum yang pernah berlaku dintaranya adalah kurikulum 1994,
kurikulum berbasis kompetensi (KBK) tahun 2004, kurikulum tingkat satuan
pendidikan (KTSP) tahun 2006, dan kurikulum yang baru mulai diterapkan yaitu
kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 ini, terdapat hal-hal yang tidak bisa
diubah dan harus mengikuti apa yang terdapat pada isi kurikulum. Meskipun
demikian, terdapat hal-hal yang dapat disesuaikan sesuai dengan keadaan.
Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan kepulauan yang memiliki
budaya, keadaan alam, keadaan lingkungan, maupun adat yang berbeda-beda.
Dalam kurikulum 2013
ini, untuk SD/MI terdapat dua kelompok mata pelajaran yaitu kelompok A dan
kelompok B. Masing-masing kelompok terdiri dari baberapa mata pelajaran yaitu:
Kelompok A:
1.
Bahasa Indonesia.
2.
Matematika.
3.
Pendidikan Agama dan Budi
Pekerti.
4.
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
5.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
6.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Kelompok
B:
1.
Seni budaya dan prakarya.
2.
Penjasorkes.
Setiap mata pelajaran
memiliki kompetensi inti dan kompetensi dasar yang harus dipahami oleh guru.
Sebagai guru kelas yang mengajar lebih dari satu mata pelajaran, guru harus
memiliki garis besar program pengajaran (GBPP) yang dijadikan acuan dalam
mengelalo waktu dalam rancangan pembelajaran, baik rancangan pembelajaran
semester maupun tahunan. Guru harus dapat merencanakan pembelajaran dengan baik
agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Guru harus dapat menyesuaikan waktu
efektif dalam kegiatan pembelajaran dnegan banyaknya materi yang ada, sehingga
tidak ada materi pembelajaran yang terlewat dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
0 komentar:
Posting Komentar