Breaking News
Loading...
Jumat, 13 Juni 2014

Info Post
Seorang guru harus mempersiapkan sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang digunakan sebagai panduan pada saat pelaksanaan proses pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana yang menggambarkan prosedur pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. RPP merupakan turunan dari sebuah silabus. Silabus hanya menggambarkan garis-garus besar dari pembelajaran, sedangkan RPP bersifat lebih spesifik dalam mengatur suatu proses pembelajaran. Di dalam silabus, berisi kompetensi-kompetensi serta alokasi waktu selama satu semester. Silabus dibuat untuk satu semester, sedangkan RPP dibuat untuk satu kali pertemuan. Inilah yang menyebabkan RPP lebih spesifik jika dibandingkan dengan silabus.
Adapun beberapa komponen atau aspek yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPP adalaha sebagai berikut:
1.     Kompetensi inti (KI)
Kompetensi inti merupakan kompetensi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, dan bersifat given atau tidak dapat diubah. Kompetensi inti dapat dikelompokkan dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
2.     Kompetensi Dasar (KD)
Kompetensi dasar merupakan rincian dari kompetensi inti. Oleh karena itu kompetensi dasar bersifat lebih spesifik jika dibandingkan dengan kompensi inti. Sama seperti kompetensi inti, kompetensi dasar juga bersifat given atau tidak dapat diubah karena sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat.
3.     Indikator
Indikator merupakan tujuan dari suatu pembelajaran. Indikator harus dapat diukur dan dikerjakan saat pekerjaan itu selesai atau dengan kata lain indicator bersifat operasional. Tidak seperti KI dan KD yang bersifat given, indikator dapat disesuaikan dengan keadaan siswa dan kondisi yang ada. Indicator bersifat lebih fleksibel jika dibandingkan dengan KI dan KD. Indicator merupakan pemaparan lebih rinci dari Kompetensi Dasar. Sesuai dengan Taksonomi Bloom, indikator harus memenuhi tiga aspek yaitu kognisi (pengetahuan), apeksi ( sikap), dan psikomotorik (keterampilan).
4.     Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran berisi tentang bagaimana perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti suatu proses pembelajaran. Apakah siswa tersebut bisa bertingkah laku sesuai dengan yang diharapkan atau tidak.
5.     Materi Ajar
Materi ajar merupakan suatu bahan kajian bagi peserta didik, yang disesuaikan dengan kebutuhan.
6.     Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang dipilah dalam suatu proses pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Setiap metode pembelajaran yang ada pasti memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu, dalam melaksanakan suatu proses pembelajaran, sebaiknya dapat digunakan lebih dari satu metode pembelajaran. Dengan demikian, kelemahan metode pembelajaran yang satu, dapat ditutupi dengan metode pembelajaran yang lain.
7.     Langkah-langkah Pembelajaran
Langkah-langkah pembelajaran berisi tahapan kegiatan pembelajaran. Dalam langkah-langkah pembelajaran terdapat kegiatan awal (pendahuluan), kegiatan inti, dan kegiatan akhir (penutup).
8.     Alat/Bahan dan Sumber Belajar
Alat/bahan dan sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat membantu suatu proses pembelajaran.
9.     Penilaian

Penilaian merupakan mengacu pada indikator. Dimana bukan hanya hasil yang dinilai tetapi juga proses.

0 komentar:

Posting Komentar